Lima (5) Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Pengobatan


Source picture : pixabay

Jambu biji adalah jenis buah yang tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti kawasan Asia Tenggara. Jambu biji biasanya tumbuh secara liar di pekarangan dan hutan, namun dewasa ini Jambu biji sudah mulai di kembangkan dengan cara yang lebih modern karena tingginya permintaan pasar akan buah tersebut.

Buat kalian yang pernah tinggal di desa tentu sangat mengenal buah Jambu biji ini karena biasanya saat musim buah jambu ini tiba anak - anak sangat suka memetik dan memakan buah ini secara beramai - ramai.

Jambu biji mempunyai nama latin Psidium Guava. Ada banyak jenis dan varietas Jambu biji, namun yang paling umum kita kenal adalah jenis Jambu biji merah. Orang tua kita di kampung dulu sangat menganjurkan untuk memakan Jambu biji merah ini untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti Mencret dan lain - lain.


Source picture : pixabay

Menurut berbagai penelitian Jambu biji merah mempunyai kandungan berbagai jenis mineral dan juga vitamin. Diantara mineral yang terdapat pada Jambu biji adalah Kalium, Mangan, Magnesium, Tembaga dan Asam folat. Sedangkan beberapa vitamin yang terdapat pada Jambu biji antara lain vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin A dan Vitamin C. Bahkan menurut para ahli kandungan vitamin C pada Jambu biji lebih tinggi jika di bandingkan dengan buah Jeruk sekalipun.
Selain dari vitamin dan mineral Jambu biji adalah jenis buah yang kaya akan serat, sehingga baik untuk pencernaan tubuh.

Berikut ini saya akan share manfaat dari Jambu biji untuk kesehatan tubuh kita. Karena begitu banyaknya manfaat dari Jambu biji ini maka artikel ini saya bagi menjadi dua (2) bagian. Anda bisa membaca nya nanti.

Bermanfaat Untuk Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh


Source picture : pixabay

Seperti saya sudah utarakan di awal bahwa orang tua kita di kampung dulu sangat menganjurkan untuk memakan buah Jambu biji ini bilamana mengalami gangguan pencernaan, diare atau mencret. Kandungan serat yang tinggi pada Jambu biji adalah faktor utamanya. Menurut para ahli kandungan serat pada Jambu biji bisa memenuhi sebanyak 12% dari kebutuhan serat harian tubuh. Selain buahnya, daun Jambu biji juga banyak di manfaatkan untuk pengobatan gangguan pencernaan atau diare. Caranya adalah dengan memakan daun yang masih muda beberapa lembar dan di kunyah - kunyah dengan sedikit garam dapur, lalu menelannya. Setelah beberapa lama maka gangguan diare akan segera mampet. Hal itu karena efek antimikroba dari daun jambu tadi.

Bermanfaat Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dan Tekanan Darah Dalam Tubuh 


Source picture : pixabay

Kandungan serat yang terdapat pada Jambu biji, sangat baik untuk menjaga metabolisme lemak dalam tubuh kita. Artinya kandungan serat tersebut mampu untuk mencegah terjadinya plak atau penumpukan lemak pada pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya tekanan darah yang tidak normal dalam tubuh. Hal tersebut karena kandungan serat dan juga Kalium dalam Jambu biji mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang menjadi pemicu terjadinya plak dalam pembuluh darah. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah tinggi akibat penyumbatan pembuluh darah karena timbunan plak adalah pemicu utama terjadinya penyakit Kardiovaskular atau serangan jantung. Oleh karena itu maka tidak salah jika Jambu biji adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

Bermanfaat Untuk Mengatasi Gejala Penyakit Diabetes


Source picture : pixabay

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan serat pada Jambu biji bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Hal tersebut karena serat yang terkandung di dalamnya tidak akan di serap oleh  tubuh sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh. Selain itu kandungan serat dalam jambu biji juga mempunyai efek kenyang yang lebih lama, dan hal tersebut berguna sekali untuk penderita diabetes karena biasanya para penderita penyakit diabetes harus menjalani diet tertentu agar gula darahnya tetap stabil. Oleh karena itu bagi penderita diabetes Jambu biji adalah salah satu alternatif buah yang bisa di konsumsi untuk menjalani diet tersebut.

Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kadar Trombosit Dalam Darah


Source picture : pixabay

Bagi penderita penyakit demam berdarah sangat di anjurkan untuk menkonsumsi Jambu biji untuk menaikkan kembali kadar trombosit dalam darahnya. Selain buahnya, juga di sarankan untuk menkonsumsi daunnya. Yang lebih utama adalah daun dari jenis Jambu biji merah. Menurut para ahli daun Jambu biji merah lebih cepat menaikkan kadar trombosit daripada buahnya. Untuk upaya pemulihan di sarankan juga agar mengkonsumsi kulit buahnya, selain daun dan juga daging buahnya itu sendiri. Dengan demikian maka upaya pemulihan penyakit DBD akan semakin cepat.

Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Source picture : pixabay

Selain karena faktor usia, aktivitas pekerjaan di hadapan layar komputer secara terus menenerus juga bisa menjadi pemicu menurunnya kemampuan penglihatan kita. Apalagi di zaman sekarang ini, dimana anak - anak kita bisa seharian bermain dengan gadget yang tentunya menyebabkan radiasi pada mata mereka. Dengan mengkonsumsi buah Jambu biji secara rutin maka akan mampu untuk menjaga agar penglihatan tidak menurun. Kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu untuk menjaganya. Dengan rajin mengkonsumsi Jambu biji maka akan menurunkan terjadinya ganguan katarak pada mata dan juga mencegah terjadinya degenerasi makula.

Demikianlah artikel tentang manfaat Jambu biji untuk kesehatan tubuh. Silahkan lanjutkan dengan membaca manfaat buah biji yang lain di blog ini.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment

0 Comments