JAHE | Tanaman Rempah Hebat Kaya Manfaat



Jahe merupakan tanaman jenis rimpang yang sudah di kenal oleh masyarakat bahkan sejak zaman nenek moyang kita dahulu kala. Tanaman Jahe banyak kita jumpai tumbuh di pekarangan rumah, baik yang memang sengaja di tanam atau yang tumbuh secara liar. Tanaman jahe mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Maka tidak mengherankan bilamana tanaman ini di jadikan sebagai salah satu bahan pokok untuk membuat obat dan juga berbagai macam jenis jamu.

Jahe mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale. Jahe mempunyai rasa yang dominan pedas yang di sebabkan oleh senyawa katon yang di sebut Zingeron. 

Selain di Indonesia tanaman jahe juga telah di kenal oleh masyarakat di berbagai belahan dunia seperti China, India hingga ke kawasan Timur tengah. Jahe banyak di gunakan sebagai bahan pembuatan obat  -obatan dan juga masakan.

Mari kita baca apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita, yaitu :

A. Mengatasi Gangguan Dan Masalah Pencernaan

Salah satu zat yang terkandung pada jahe adalah zat phenolic. Zat tersebut berfungsi untuk mengatasi masalah iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur dan juga berfungsi untuk mengatasi terjadinya kontraksi pada perut kita. Salah satu jenis gangguan pencernaan yang bisa di atasi dengan mengkonsumsi jahe adalah kolik dan dispepsia. 


Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari jahe ini kita bisa membuat minuman dengan cara mencampurnya dengan jahe tersebut.

B. Mencegah Dan Meredakan Rasa Mual

Pernahkan anda merasakan mual perut ketika bangun tidur di pagi hari ? Rasa mual yang di sebabkan oleh morning sickness, vertigo ataupun rasa mual yang di sebabkan oleh karena mengkonsumsi obat - obatan seperti obat kanker dan sebagainya, bisa diredakan dan di atasi dengan meminum air hangat yang telah di campur dengan jahe.

Bilamana anda sedang dalam perjalanan jauh, sebaiknya anda juga menyiapkan minuman jahe dalam thermos agar tetap hangat. Bila di rasa merepotkan anda bisa membeli permen jahe yang banyak di jual di warung - warung sekitar tempat tinggal anda.

C. Meredakan Dan Mengatasi Rasa Sakit Pada Otot

Kandungan zat dysmenorrhea pada jahe mampu mengatasi dan mengurangi rasa sakit pada otot yang di sebabkan karena berolahraga maupun pada saat menstruasi bagi kaum wanita. Hasil penelitian mengenai hal ini salah satunya telah di publikasikan oleh University of Gergia Amerika Serikat. Menurut para peniliti tersebut seorang wanita yang mengalami menstruasi akan berkurang rasa sakitnya sebanyak 60% dengan mengkonsumsi jahe. 

D. Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Kulit 

Salah satu manfaat jahe adalah untuk memicu keluarnya keringat dari tubuh kita. Keluarnya keringat tersebut akan mempercepat sembuhnya penyakit yang di derita seseorang seperti demam, flu dan sebagainya. Ketika keringat keluar maka itu adalah salah satu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh kita.

Keluarnya keringat tersebut dapat memicu terjadinya alergi pada kulit kita yang di sebabkan oleh bakteri e coli, staphyloccocus dan juga jamur. Kandungan zat dalam jahe yakni dermicidin mampu mengatasi timbulnya alergi karena bakteri dan jamur tersebut.

E. Melindungi Kita Dari Bahaya Penyakit Kanker

Kandungan zat Gingerol pada jahe mampu mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh kita terutama pada usus besar. Hasil penelitian tentang hal ini telah di publikasikan oleh para peneliti dari University of Minnesota Amerika Serikat.

Dari hasil penelitian yang mereka lakukan terhadap sample dari beberapa ekor tikus yang di jadikan sebagai media penelitian dan percobaan di dapatkan bahwa kandungan zat pada tanaman jahe mampu menghambat berkembangnya sel - sel penyakit kanker.

Demikianlah artikel tentang Jahe yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kita. Mudah - mudahan artikel ini berguna dan bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments