Buah Mengkudu | Herbal Alami Untuk Penderita Penyakit Diabetes


Source picture : pixabay

Buah Mengkudu adalah buah dengan sejuta khasiat bagi kesehatan kita. Salah satu kandungan zat yang terdapat pada buah Mengkudu adalah zat proxeronine. Zat Proxeronine adalah merupakan bahan baku alkaloid dalam tubuh yang berfungsi untuk membuka pori–pori sel sehingga nutrisi makanan yang kita konsumsi dapat lebih mudah masuk ke dalam sel. Selain itu akibat melebarnya pori-pori sel tersebut maka akan semakin memudahkan sekresi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh kita, sehingga  pada akhirnya tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kuat. Mengutip apa yang di sampaikan dan di  publikasikan oleh www.obatdiabetesmelitus.net bahwa kemampuan alamiah zat proxeronine tersebut adalah mampu untuk mengobati penderita penyakit diabetes. 

Lalu bagaimanakah caranya mengolah  buah mengkudu supaya menjadi obat diabetes? Simak uraiannya di bawah ini dengan seksama, sebagai berikut : 

Di Makan Secara Langsung

Bagi anda yang tahan dengan bau dan rasa getir dari buah Mengkudu bisa memakan dan mengkonsumsinya secara langsung seperti makan buah yang lainnya. Seperti kita ketahui kalau buah Mengkudu adalah buah yang memiliki bau kurang enak dan rasanya juga getir. Bilamana anda tidak bisa memakannya secara langsung bisa mengikuti cara di bawah ini.

Cara Pertama

Ambil buah Mengkudu kemudian cuci dengan air bersih. Setelah itu tumbuk buah mengkudu lalu peras menggunakan kain yang bersih. Air perasan buah mengkudu tersebut dapat di campur dengan madu atau perasa lain agar baunya hilang. Air perasan paling tidak sebanyak tiga gelas, kemudian air perasan tersebut di rebus hingga mendidih dan tunggu sampai airnya berkurang dan tinggal kira - kira satu gelas, lalu angkat dan dinginkan. Setelah dingin tuang kedalam gelas dan minum.

Cara Kedua

Cara mengolah buah Mengkudu di bawah ini adalah rekomendasi bagi anda yang tidak tahan dengan rasa dan bau dari buah Mengkudu.

Buah Mengkudu di iris tipis - tipis kemudian di jemur di bawah panas terik matahari selama kurang lebih tiga hari. Selama proses penjemuran tersebut buah Mengkudu sebaiknya di tutupi dengan selubung kain berwarna hitam. Fungsinya adalah agar panas matahari terserap sempurna . Sementara itu warna hitam pada kain akan menghalangi terserapnya sinar ultraviolet dari matahari oleh buah Mengkudu yang kita jemur tersebut. Setelah di jemur selama tiga hari maka kadar air yang ada dalam buah Mengkudu tersebut tinggal sekitar 10 persen saja.  Kemudian masukkan irisan buah mengkudu yang telah di jemur tadi kedalam botol untuk di simpan.


Source picture : pixabay

Cara Ketiga 

Buah Mengkudu dapat anda buat menjadi  jus dengan cara di blender dan dicampur dengan gula yang rendah kalori serta diberi sedikit madu untuk menghilangkan baunya yang tidak anda sukai. Untuk penderita diabetes takaran yang di anjurkan adalah sebanyak 15 ml/50 kg berat badan dan di minum 2 kali sehari pada waktu pagi hari dan waktu malam hari kira-kira setengah jam sebelum makan nasi. Bisa juga di minum kira - kira  dua jam sesudah makan agar nantinya penyerapan atau absorbsi bahan aktif dalam ekstrak buah mengkudu tersebut berjalan sempurna sesuai yang kita inginkan.

Demikianlah sekilas artikel tentang Khasiat buah Mengkudu untuk pengobatan penyakit Diabetes. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda.

Post a Comment

0 Comments