Skip to main content

Jenis -Jenis Luka Dan Cara Penanganannya


Sumber gambar : pixabay

Artikel ini adalah merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai jenis kecelakaan yang sering terjadi dan cara penanganannya.
Jika pada artikel sebelumnya telah kita pelajari tentang tiga (3) jenis luka yakni luka lecet (Vulnus Excoriasi), luka tusuk (Vulnus Punctum) dan luka kontusiopin (Vulnus Contussum), baca artikelnya disini maka kita akan lanjutkan untuk mempelajari jenis luka yang lain, yaitu :

4. Luka Sayat (Vulnus Invisum)
Luka sayat terjadi akibat sayatan benda yang terbuat dari bahan logam, kayu dan sebagainya. Luka yang terjadi biasanya tipis saja. Cara penanganannya juga simple atau sederhana yaitu dengan cara memberikan desinfektan pada luka tersebut.

5. Vulnus Schlopetorum
Jenis luka ini di sebabkan oleh peluru karena tembakan senapan.
Cara penanganannya adalah :
  • Jangan mengeluarkan pelurunya pada saat itu juga.
  • Bersihkan luka terlebih dahulu dengan H2O2.
  • Berikan desinfektan pada luka tersebut kemudian tutup luka.
  • Biarkan luka tersebut selama satu minggu, setelah itu baru kemudian korban di bawa ke meja operasi untuk mengeluarkan peluru yang berada dalam luka tersebut.
  • Tujuan mendiamkan peluru di dalam luka selama seminggu adalah agar peluru sudah mantap dan tidak bergeser lagi karena terbentuknya jaringan di sekitar peluru tersebut.
6. Luka Bakar (Vulnus Combustion)
Luka ini terjadi karena kontraksi panas antara kulit dengan dengan zat panas, misalnya air mendidih, api dan sebagainya.
Cara penanganannya adalah :
  • Aliri luka bakar dengan air yang mengalir, bukan dengan pasta gigi atau minyak seperti yang kebanyakan masyarakat lakukan.
  • Tujuan mengaliri luka dengan air mengalir adalah agar terjadi perpindahan kalor atau panas.
  • Bilamana terjadi gelembung pada kulit boleh di pecahkan.
  • Jenis perawatan luka bakar adalah perawatan luka terbuka, namun tetap harus di jaga kebersihannya mengingat luka terbuka sangat mudah terinfeksi kuman penyakit.
7. Luka Gigitan
Luka gigitan terjadi karena gigitan binatang seperti serangga, ular, buaya atau binatang buas yang lain. Sebagai contoh di sini kita ambil sample gigitan ular.
Cara penanganannya adalah :
  • Keluarkan racun yang sempat masuk ke tubuh korban dengan cara menekan daerah di sekitar luka tersebut sehingga darah yang tercemar racun bisa keluar.
  • Tidak di anjurkan bagi penolong untuk menghisap darah dari luka tersebut dengan menggunakan mulut karena bisa membahayakan orang tersebut apalagi jika dia mempunyai luka di bagian mulutnya walaupun kecil.
  • Bisa di lakukan pengikatan pada daerah sekitar luka untuk mempercepat keluarnya darah yang tercemar racun dan mencegah racun menjalar ke bagian tubuh yang lain.
  • Selanjutnya bawa korban ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari tenaga medis.
8. Luka Parut (Laserasi)
Luka ini di sebabkan karena goresan benda keras yang mengenai permukaan kulit. Contoh nya adalah ketika kita jatuh saat berlari dan membuat kaki kita menggores tanah atau aspal jalan.
Cara penanganannya adalah:
  • Jika luka parut tersebut mengakibatkan pendarahan maka hentikan terlebih dahulu pendarahan tersebut dengan cara menekan bagian di sekitar luka. Kita bisa menggunakan kain kasa atau sapu tangan untuk melakukan penekanan tersebut.
  • Bersihkan luka tersebut dengan air bersih dan sabun.
  • Kemudian bersihkan kembali luka tersebut dengan kain kasa yang steril.
  • Bila terdapat benda - benda asing pada luka misalnya baru, kerikil atau kayu maka keluarkan dan bersihkan.
  • Bilamana luka parut cukup dalam maka korban sebaiknya di bawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
9.Luka Terpotong atau Teriris
Luka jenis ini di akibatkan oleh benda tajam yang terbuat dari logam. Ciri luka terpotong antara lain bentuk lukanya teratur dan dalam, pendarahan yang terjadi cukup banyak apalagi jika ada pembuluh darah arteri yang ikut terpotong.
Cara penanganannya adalah :
  • Hentikan pendarahan dengan cara menekan pada bagian sekitar luka dengan menggunakan kain kasa atau saputangan.
  • Jika ada pembuluh darah arteri yang terpotong maka lakukan pembalutan tomiquet.
  • Pembalutan di lakukan dengan menggunakan dengan menempatkan tali atau ikat pinggang jika keadaan darurat pada bagian di antara luka dan jantung secara melingkar. Kemudian dengan menggunakan kayu atau yang lain tali atau ikat pinggang tersebut di putar sampai lilitannya benar - benar kencang.
  • Tujuannyya adalah untuk menghentikan pendarahan pada luka tersebut.
  • Kemudian korban segera di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.
  • Pembebatan tomiquet di lakukan pada bagian lengan atas atau pada paha korban. Pembebatan di bagian tubuh yang lain tidak akan efektif.
Demikianlah lanjutan artikel tentang jenis - jenis luka dan cara penanganannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Artikel Populer

Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Menjaga Kesehatan

Sumber gambar : pixabay
A. Hakikat Aktivitas Atau Gerakan Fisik


Hidup adalah bergerak, itu adalah sebuah prinsip dasar karena gerak adalah sebuah ciri dari kehidupan. Tidak ada kehidupan tanpa gerak dan tidak ada gunanya hidup jika kita tidak mampu bergerak. Jika demikian maka memelihara gerakan adalah mempertahankan kehidupan, sementara meningkatkan kualitas gerakan kita artinya kita juga meningkatkan kualitas hidup kita. 

Sebuah gerakan adalah merupakan sebuah aktivitas fisik. Dan sebagai seorang manusia yang hidup maka kita pasti bergerak dan melakukan gerakan untuk menunjang kegiatan dan juga aktivitas kehidupan kita sehari - hari. Adakalanya kita hanya sedikit mengeluarkan energi bergerak dan beraktivitas namun terkadang kita juga mengeluarkan ekstra energi yang besar untuk melakukan sebuah aktivitas pekerjaan yang berat.
Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang begitu pesat telah membuat kehidupan manusia semakin mudah. Namun di balik itu kemajuan teknologi juga berdamp…

Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Pencegahan Penyakit

Sumber gambar : pixabay
Pepatah bijak mengatakan " Mencegah lebih baik dari mengobati ", maksud dari pepatah ini adalah berusaha melakukan pencegahan dan antisipasi terhadap sebuah resiko yang kemungkinan bisa terjadi itu lebih baik daripada kita melakukan pengobatan dan perbaikan ketika sesuatu itu telah terjadi pada diri kita. Dalam kaitannya dengan resiko kesehatan tubuh, melakukan pencegahan terhadap suatu bahaya atau resiko penyakit yang bisa terjadi pada diri kita lebih baik daripada kita harus mengobatinya ketika diri kita sudah terkena penyakit tersebut. Apalagi belakangan ini harga obat sangat mahal, biaya dokter, dan rumah sakit juga sangat mahal.
Di artikel kali ini saya akan mengulas salah satu bentuk upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit yaitu dengan cara melakukan aktivitas fisik misalnya saja dengan cara berolahraga.
A. Pengertian Aktivitas Fisik Dalam Pencegahan Penyakit.
Sebuah aktivitas fisik yang dilakukan dengan cara yang teratur dapa…

Lima (5) Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Sumber gambar : pixabay
Jambu biji adalah jenis buah yang tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti kawasan Asia Tenggara. Jambu biji biasanya tumbuh secara liar di pekarangan dan hutan, namun dewasa ini Jambu biji sudah mulai di kembangkan dengan cara yang lebih modern karena tingginya permintaan pasar akan buah tersebut.
Buat kalian yang pernah tinggal di desa tentu sangat mengenal buah Jambu biji ini karena biasanya saat musim buah jambu ini tiba anak - anak sangat suka memetik dan memakan buah ini secara beramai - ramai.
Jambu biji mempunyai nama latin Psidium Guava. Ada banyak jenis dan varietas Jambu biji, namun yang paling umum kita kenal adalah jenis Jambu biji merah. Orang tua kita di kampung dulu sangat menganjurkan untuk memakan Jambu biji merah ini untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti Mencret dan lain - lain
Menurut berbagai penelitian Jambu biji merah mempunyai kandungan berbagai jenis mineral dan juga vitamin. Diantara mineral yang terdapat pada Jambu biji adal…

Buah Mengkudu Herbal Alami Untuk Solusi Vitalitas Dan Kejantanan Pria

Sumber gambar :pixabay
Buah Mengkudu adalah buah yang hidup  dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis seperti halnya negeri kita Indonesia yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Buah Mengkudu memiliki rasa kurang enak dan tampilannya juga tidak mulus seperti buah - buahan lain seperti apel, jeruk dan lainnya.  Buah Mengkudu memiliki ciri unik yaitu dengan totol-totolnya. Buah Mengkudu ini mempunyai khasiat besar dalam hal penambah vitalitas dan stamina kaum Adam.

Saat masih belum matang maka warna buah  Mengkudu adalah berwarna hijau. Tetapi setelah matang maka warna matang pada buah mengkudu berubah menjadi putih dan  buah Mengkudu terasa lunak.

Adapun cara memperoleh manfaat dalam hal menambah vitalitas kaum Adam adalah dengan cara mengkonsumsi jus mengkudu. Diantara kandungan zat - zat yang terdapat pada buah mengkudu adalah sebagai berikut :

Zat Terpenoid

Manfaat dari zat terpenoid adalah untuk membantu mempercepat dan memulihkan jaringan tubuh yang rusak.

Zat Xeronin dan…

Pentingnya Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan

Sumber gambar : pixabay
Manfaat Kebugaran Jasmani

Badan yang sehat dan tubuh yang bugar merupakan dambaan setiap orang. Berbagai macam usaha dan upaya di lakukan untuk mendapatkan kebugaran tubuh, misalnya dengan berolahraga secara rutin, beristirahat cukup dan makan makanan yang sehat dan menyehatkan.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara alami adalah dengan cara berolahraga dan melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur. Dengan pola latihan yang teratur maka otot - otot di tubuh kita akan semakin kuat, tulang dan persendian tubuh kita juga akan semakin kuat dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah terjaganya penampilan fisik tubuh kita.

Beberapa contoh manfaat dari kebugaran tubuh antara lain :

1. Mampu meningkatkan stamina dan kekuatan sehingga tubuh kita menjadi lebih energik.
2. Meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh kita dan melatih kerja jantung.
3. Mengurangi resiko timbulnya obesitas karena jarang berolahra…