Kumpulan Artikel Tentang Kesehatan | Pengertian Dan Tujuan Dari P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)


Source picture : pixabay

Pengertian Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Definisi dan pengertian dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah sebuah upaya pertolongan dan perawatan yang sifatnya sementara terhadap korban kecelakaan sebelum korban mendapatkan perawatan lebih lanjut dari dokter ataupun paramedis. Karena sifatnya yang hanya sementara maka pertolongan yang di berikan bukanlah sebuah pertolongan atau penanganan yang sempurna. 

Pertolongan pertama pada korban kecelakaan bisa di lakukan oleh siapa saja bahkan orang yang bukan paramedis sekalipun. Pertolongan dan penanganan korban di lakukan oleh siapa saja yang pertama kali menjumpai korban kecelakaan. Pertolongan pertama di berikan kepada korban kecelakaan dengan cepat dan tepat dengan cara memanfaatkan apa saja yang ada di sekeliling korban kecelakaan tersebut. 

Penanganan pertama korban kecelakaan yang di lakukan dengan benar dapat mengurangi resiko yang lebih besar di depan, atau bisa juga menghindarkan korban dari resiko kematian seperti kehabisan darah contohnya. Namun jika pertolongan yang di berikan tidak tepat malah dapat mengakibatkan resiko yang lebih parah pada korban kecelakaan bahkan bisa berakibat kematian pada korban kecelakaan tersebut. Untuk itu kita hendaknya belajar bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan yang baik dan benar. Untuk itu mari kita baca ulasannya di blog ini.



Tujuan dari P3K

Adapun Tujuan dari P3K antara lain :

1.Menyelamatkan Nyawa Korban dan Mengurangi Resiko Kematian.
  • Mencari apakah ada pendarahan pada korban dan mengatasi pendarahan yang terjadi. 
  • Melaksanakan Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) jika diperlukan.
  • Memperhatikan kondisi dan keadaan korban kecelakaan yang dapat mengancam nyawa korban.
2. Mencegah Terjadinya Keadaan dan Kondisi Yang Memburuk  Pada Korban. 
  • Melakukan diagnosis pada korban.
  • Menangani korban kecelakaan dengan cara yang cepat dan tepat.
  • Memperhatikan kondisi atau keadaan penyakit yang tidak terlihat.
3. Menunjang Penyembuhan
  • Mengurangi rasa sakit dan takut pada korban.
  • Mencegah terjadinya infeksi.
  • Merencanakan pertolongan medis lebih lanjut dengan transportasi untuk korban secara cepat dan tepat.
Demikianlah artikel tentang P3K bagian ke-1. Dengan memahami pengertian P3K dan juga tujuannya maka kita akan semakin mengetahui pula pentingnya mempelajari bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada seorang korban kecelakaan secara baik dan benar. Pada artikel selanjutnya kita akan ulas tentang P3K secara lebih dalam lagi. Jadi ikuti terus artikel selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments