Kumpulan Artikel Tentang Kesehatan | Aktivitas Melatih Kekuatan Untuk Kebugaran Dan Kesehatan Tubuh


Source picture : pixabay

Definisi dari kekuatan adalah kemampuan dari otot tubuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Pola dan bentuk dari latihan yang cocok dan sesuai untuk mengembangkan kekuatan adalah pola latihan yang memerlukan unsur ketahanan (Resistance exercise) dimana dalam latihan tersebut kita harus mengangkat , mendorong, menarik atau menahan suatu beban. Kita bisa menggunakan tubuh kita sendiri sebagai beban (Internal resistance) atau kita juga bisa menggunakan beban dari luar tubuh kita (Eksternal resistance) agar hasilnya baik dan maksimal. Perlu di ingat dengan baik bahwa pola latihan ini harus di mulai dengan beban yang ringan terlebih dahulu, baru kemudian setahap demi setahap berat bebannya kita tambah supaya daya tahan kita juga meningkat. Tidak boleh jika baru memulai program latihan langsung memulainya dengan beban yang berat karena resiko cedera akan dapat terjadi dengan mudah. 

A. Pola Latihan Kekuatan Otot Perut (Sit Up).


Source picture : pixabay

Manfaat dari pola latihan Sit Up ini adalah kita bisa memperkuat daya tahan otot - otot perut kita. Adapun cara melakukannya juga cukup mudah yakni sebagai berikut :

  • Sikap awal tidur terlentang, kemudian kedua lutut di tekuk, lalu kedua siku di tekuk dan diletakkan di belakang kepala.
  • Badan di angkat dalam posisi duduk dengan kedua lengan tetap berada di belakang kepala kita.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang - ulang selama tigapuluh (30) detik.
  • Pada hari - hari selanjutnya bilangan ulangan gerakannya bisa kita tambah menjadi 31,32,33,34 dan seterusnya supaya kekuatan otot perut kita terbiasa dan kuat.
Ilustrasi gerakan Sit Up bisa di lihat pada gambar berikut ini.

Source picture : diknas

B. Pola Latihan Kekuatan Kedua Lengan Tangan (Push Up).

Source picture : pixabay

Manfaat dari pola latihan ini adalah untuk menambah kekuatan kedua lengan tangan kita dan menguatkan otot - ototnya.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Sikap pertama tidur telungkup, kedua kaki di rapatkan dan di luruskan ke belakang dengan ujung kaki di tempelkan ke lantai (Untuk Pria) dan kedua lutut di tempelkan pada lantai (Untuk Wanita).
  • Kedua buah telapak tangan menumpu pada lantai, jari - jari tangan menunjuk kedepan dengan kedua buah siku di tekuk.
  • Lalu angkat kedua tangan keatas hingga kedua buah siku lurus, sedangkan badan dan kaki membentuk sebuah garis lurus.
  • Kemudian badan di turunkan kembali dengan cara membengkokkan kedua siku, badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.
  • Lakukan berulang - ulang selama sekitar 30 detik dan terus di tambah untuk latihan hari berikutnya agar kekuatan lengan juga semakin kuat.

Perhatikan gambar berikut ini :


Source picture : diknas

C. Pola Latihan Melatih Kekuatan Otot Punggung (Back Up).

Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

  • Sikap awal tidur telungkup, kaki di rapatkan dan kediua tangan di letakkan di belakang kepala.
  • Angkat badan sehingga dada tidak menyentuh lantai, sedangkan kedua kaki tetap pada posisi semula.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang - ulang selama sekitar 30 menit.

Perhatikan gambar berikut ini :


Source picture : diknas

D. Pola Latihan Melatih Kekuatan Otot Tungkai ( Naik turun bangku).

Gerakan sederhana ini di kenal dengan nama step in atau naik turun tangga. Gerakan ini sangat baik untuk melatih kekuatan otot kaki terutama tungkai supaya lebih kuat dalam menghadapi rintangan. Gerakan ini adalah dengan mengangkat satu kaki kemudian di turunkan dan diikuti dengan kaki lainnya. Lakukan secara bergantian dan terus menerus. 
Manfaat lain dari gerakan ini adalah melatih otot paha dan juga betis agar menjadi lebih menarik dan indah. Jika di rumah anda ada tangga maka sangat kebetulan anda dapat memanfaatkan tangga tersebut untuk melakukan gerakan step in ini, karena selain gratis ternyata banyak sekali manfaatnya.

Lihat gambar di bawah ini :


Source picture : diknas

Demikianlah artikel tentang pola latihan dasar untuk menambah ketahanan. Nantikan artikel selanjutnya dengan kelanjutan artikel yang ada di blog ini.

Selamat berolahraga dan salam sehat selalu. 

Post a Comment

0 Comments