Kumpulan Artikel Tentang Kesehatan | Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Menjaga Kesehatan


Source picture : pixabay

A. Hakikat Aktivitas Atau Gerakan Fisik


Hidup adalah bergerak, itu adalah sebuah prinsip dasar karena gerak adalah sebuah ciri dari kehidupan. Tidak ada kehidupan tanpa gerak dan tidak ada gunanya hidup jika kita tidak mampu bergerak. Jika demikian maka memelihara gerakan adalah mempertahankan kehidupan, sementara meningkatkan kualitas gerakan kita artinya kita juga meningkatkan kualitas hidup kita. Sebuah gerakan adalah merupakan sebuah aktivitas fisik. Dan sebagai seorang manusia yang hidup maka kita pasti bergerak dan melakukan gerakan untuk menunjang kegiatan dan juga aktivitas kehidupan kita sehari - hari. Adakalanya kita hanya sedikit mengeluarkan energi bergerak dan beraktivitas namun terkadang kita juga mengeluarkan ekstra energi yang besar untuk melakukan sebuah aktivitas pekerjaan yang berat.

Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang begitu pesat telah membuat kehidupan manusia semakin mudah. Namun di balik itu kemajuan teknologi juga berdampak kepada pola dan tingkah laku hidup manusia menjadi kurang sehat. Sebagai contoh misalnya, kehadiran sepeda motor, tangga berjalan, lift, remote control disatu sisi kehadiran teknologi tersebut telah memudahkan kita sebagai manusia. Namun kehadiran barang - barang tersebut telah membuat kita menjadi semakin malas untuk bergerak apalagi berjalan. Dulu ketika dunia belum mengenal kemajuan seperti diatas, manusia harus bergerak dan berjalan dari satu tempat untuk menuju ketempat yang lain. 
Source picture : pixabay

Kehadiran sepeda sedikit mempengaruhi berkurangnya aktivitas berjalan kaki, namun masih dalam tahap yang tidak mengkhawatirkan karena aktivitas kita mengayuh sepeda juga membuat anggota tubuh kita bergerak dan itu menyehatkan bagi kita. Berkurangnya aktivitas manusia dalam bergerak di sebut hypokinetic. Akibat dari berkurangnya aktivitas gerak manusia telah memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia itu sendiri, apalagi jika di tunjang juga dengan pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur tentu semakin memperburuk kesehatannya. Maka tidak mengherankan jika dewasa ini banyak bermunculan jenis - jenis penyakit yang tidak menular yang di sebabkan oleh kurangnya aktivitas gerak dan buruknya pola makan kita seperti penyakit jantung, hypertensi atau tekanan darah tinggi, kencing manis, kegemukan atau obesitas, osteoporosis, depresi dan stress.

B. Pengertian Aktivitas Gerakan Fisik

Definisi aktivitas fisik menurut World Health Organization (WHO) adalah aktivitas gerakan tubuh yang di hasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Bergerak atau aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi (Pembakaran kalori). Dengan kata lain di simpulkan bahwa aktivitas fisik adalah segala aktivitas gerak yang membutuhkan energi. Mengutip apa yang di sampaikan oleh Russel R. Plate, bahwa aktivitas fisik yang teratur telah lama dianggap sebagai sebuah komponen penting dari gaya hidup sehat.

C. Jenis Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik bisa di golongkan menjadi tiga buah tingkatan, yaitu :
  • Aktivitas ringan,  yakni sebuah aktivitas yang hanya memerlukan sedikit tenaga dan tidak menyebabkan perubahan pada pernapasan dan juga daya tahan tubuh manusia. Contohnya bisa kita lihat dalam kehidupan sehari - hari misalnya : berjalan kaki, menyapu, mencuci mobil, mencuci piring, menonton televisi dan sebagainya.
  • Aktivitas sedang, yakni sebuah gerakan yang membutuhkan energi dan tenaga secara terus menerus dan gerakan otot yang berirama teratur. Contohnya kegiatan berenang, jogging, berenang, bermain tenis meja dan sebagainya.
  • Aktivitas berat, yakni sebuah gerakan yang membutuhkan pengeluaran energi besar dan biasanya sangat berhubungan dengan kegiatan olahraga yang memerlukan sebuah kekuatan dan membuat kita berkeringat tentunya. Sebagai contoh misalnya : nermain sepakbola, berlatih karate, berlatih silat, karate dan sebagainya.
Source picture : pixabay

D. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kondisi Fisik.
Beberapa faktor yang mempengaruhi aktivitas fisik Manusia antara lain :
  • Umur,  aktivitas fisik pada seseorang sangat di pengaruhi oleh umur seseorang tersebut. Aktivitas fisik tersebut akan trus bergerak naik sehingga mencapai batas maksimal nya di rentang usia 21 - 30 tahun.
  • Jenis Kelamin, faktor ini sangat berpengaruh terhadap jenis dan macam aktivitas seseorang. Aktivitas seorang wanita misalnya pasti tidak akan sama dengan aktivitas seorang laki - laki.
  • Pola Makan, makanan juga sangat mempengaruhi aktivitas gerak fisik seseorang. Jika kita makan terlalu kenyang maka akan membuat kita menjadi malas untuk bergerak. Makan makanan yang berlemak akan sangat mempengaruhi aktivitas seseorang. Untuk itu sebaiknya kita menghindari pola makan yang tidak baik tersebut.
  • Adanya penyakit atau kelainan pada tubuh, bilamana kita mempunyai kelainan seperti lemah jantung, obesitas , dan kekurangan sel darah merah maka sebaiknya kita mempertimbangkan jenis olahraga atau aktivitas fisik yang tidak begitu berat. Obesitas atau kegemukan juga akan menghambat gerakan fisik kita.

Source picture : pixabay

Demikianlah artikel mengenai hakikat dari gerakan fisik yang mempengaruhi kesehatan kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk subscibe dan melanjutkan membaca artikel di blog ini.

Post a Comment

0 Comments