Kumpulan Artikel Tentang Kesehatan | Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Pencegahan Penyakit


Source picture : pixabay

Pepatah bijak mengatakan " Mencegah lebih baik dari mengobati ", maksud dari pepatah ini adalah berusaha melakukan pencegahan dan antisipasi terhadap sebuah resiko yang kemungkinan bisa terjadi itu lebih baik daripada kita melakukan pengobatan dan perbaikan ketika sesuatu itu telah terjadi pada diri kita. Dalam kaitannya dengan resiko kesehatan tubuh, melakukan pencegahan terhadap suatu bahaya atau resiko penyakit yang bisa terjadi pada diri kita lebih baik daripada kita harus mengobatinya ketika diri kita sudah terkena penyakit tersebut. Apalagi belakangan ini harga obat sangat mahal, biaya dokter, dan rumah sakit juga sangat mahal.

Di artikel kali ini saya akan mengulas salah satu bentuk upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit yaitu dengan cara melakukan aktivitas fisik misalnya saja dengan cara berolahraga.

A. Pengertian Aktivitas Fisik Dalam Pencegahan Penyakit.

Sebuah aktivitas fisik yang dilakukan dengan cara yang teratur dapat membantu untuk mengurangi resiko terhadap terjadinya beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit diabetes, dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu manfaat dari aktivitas fisik mampu meningkatkan kondisi kesehatan dan kualitas hidup kita secara keseluruhan. 

Manfaat dari aktivitas fisik dalam jangka panjang adalah mampu mencegah resiko terjadinya kematian dini, mengurangi kelebihan berat badan atau obesitas, mengurangi rasa depresi dan kecemasan, membuat tulang kita menjadi kuat, persendian dan otot tubuh kita menjadi lebih baik sehingga ketika kita sudah menginjak usia tua kita masih mampu untuk terus beraktivitas tanpa menggunakan tongkat sebagai alat bantu, dan yang paling penting adalah aktivitas fisik bisa membantu kita untuk mengendalikan emosi dan kondisi psikologis diri kita.

B.Manfaat Aktivitas Fisik Dalam Pencegahan Penyakit.

Kegiatan fisik yang di lakukan dengan teratur dan terencana seperti berolahraga dapat menyehatkan tubuh kita. Kegiatan olahraga banyak macamnya misalnya berenang, bersepeda, lari, badminton, sepakbola dan masih banyak lagi yang lainnya. 
Source picture : pixabay

Berikut ini adalah contoh manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

1. Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Jantung.

Ada sedikit kesalahan dalam pemahaman kebanyakan orang bahwa jika seseorang pernah mengalami serangan jantung, penyakit jantung atau jantung lemah di larang untuk melakukan aktivitas olahraga. Ini adalah pemahaman yang keliru karena menurut hasil study dari National Heart Foundation Of Australia yang merekomendasikan bahwa bagi mereka yang mengidap penyakit jantung sebaiknya melakukan kegiatan berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Bilamana tidak bisa setiap hari sebaiknya berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu. Tentunya kegiatan olahraga yang boleh dilakukan bukanlah jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan atau kecepatan secara berlebihan, cukup yang ringan - ringan saja.
Source picture : pixabay

Manfaat olahraga untuk pengidap penyakit jantung antara lain :
  • Membuat otot jantung menjadi kuat.
  • Memperkuat jantung dan sistem kardiovaskuler.
  • Membantu jantung agar lebih aktif dan mengurangi rasa nyeri di dada.
  • Membantu tubuh untuk menggunakan oksigen dengan lebih baik.
  • Meningkatkan sirkulasi darah dalan tubuh.
  • Meningkatkan energi tubuh sehingga penderita penyakit jantung bisa melakukan aktivitas sehari - hari tanpa mengalami sesak nafas dan lelah.

2. Manfaat Berolahraga Untuk Tulang Dan Persendian.

Pengaruh aktivitas berolahraga terhadap tulang akan menyebabkan enzim pada tulang untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatannya. Olahraga juga mampu mencegah terjadinya tulang keropos dan meningkatkan kekuatan permukaan tulang karena akibat dari tarikan otot yang terus menerus secara teratur. Pada persendian, berolahraga mampu meningkatkan ketebalan persendian di bagian tulang rawan sehingga dapat menjadi peredam untuk melindungi tulang rawan dari resiko cedera.

3. Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental.

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental antara lain :
  • Olahraga secara teratur mampu mengurangi resiko perasaan depresi dan demensia. Selain mengurangi berolahraga juga bermanfaat untuk mengobati penyakit depresi.
  • Berolahraga mampu meredakan perasaan stress dan kecemasan.
  • Berolahraga membuat kita cenderung merasa bahagia, meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan citra diri kita.

4. Manfaat Berolahraga Untuk Mencegah Penyakit Kanker.

Aktivitas olahraga jogging berjalan kaki atau lari mampu untuk mencegah terjadinya kanker usus pada diri kita. Jika badan kita bergerak maka maka secara otomatis pula ikut melancarkan peristaltik usus sehingga frekuensi buang air besar menjadi lebih teratur. Salah satu penyebab munculnya kanker pada usus adalah tertahannya tinja di dalam tubuh lebih lama. Sebuah penelitian dan hasil study yang lain menyatakan bahwa kegiatan berjalan kaki mampu nengurangi resiko timbulnya penyakit kanker payudara.

5. Manfaat Berolahraga Untuk Pencegahan Penyakit Diabetes.

Sebuah hasil study dari National Institute Of Diabetes And Gigesive & Kidney Diseases menyatakan bahwa kegiatan berjalan kaki dengan kecepatan 5 km per jam selama sekitar 50 menit mampu untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes type 2. Penyakit Diabetes bisa di obati tanpa menggunakan obat - obat kimia yang ada di pasaran. Kita tinggal melatih diri kita untuk berolahraga secara teratur saja setiap harinya. Kuncinya adalah kondisi gula darah kita bisa terkontrol dengan baik dengan cara berolahraga maka obat - obatan tersebut tidak di perlukan.

Source picture : pixabay

6. Manfaat Berolahraga Untuk Menurunkan Berat Badan.

Berolahraga adalah aktivitas yang memerlukan energi. Dan supaya bisa menghasilkan energi maka tubuh kita perlu membakar kalori. Aktivitas membakar kalori inilah yang bisa menurunkan berat badan kita. Semakin intens kita berolahraga maka kalori yang di bakarpun semakin banyak.

Demikianlah artikel tentang manfaat aktivitas fisik sebagai upaya untuk pencegahan penyakit. Semoga bermanfaat untuk anda dan kita semuanya.

Post a Comment

0 Comments